Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 196 PALEMBANG

Septiana, Atika Dewi (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 196 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Caver atika dewi septiana.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Abstrak bahasa indonesia atika dewi septiana.pdf

Download (8kB)
[img] Text
bab 1 atika dewi septiana.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Daftar Pustaka atika dewi septiana.pdf

Download (240kB)

Abstract

Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut Apakah ada pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika pada siswa sekolah dasar negeri 196 Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika pada siswa sekolah dasar negeri 196 Palembang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Bentuk desain metode eksperimen yang digunakan Quasy Eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode tes, dan dokumentasi. Populasi penelitian seluruh siswa kelas III sekolah dasar negeri 196 Palembang. Sampel penelitian adalah seluruh populasi kelas III sekolah dasar negeri 196 Palembang dengan jumlah siswa 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika pada siswa sekolah dasar negeri 196 Palembang, dimana diperoleh hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 80 dan pada kelas kontrol adalah 56,3. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika pada siswa sekolah dasar negeri 196 Palembang. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Video, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorTanzimah, TanzimahUNSPECIFIED
ContributorLia, LindaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 197
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:45
Last Modified: 03 Jul 2025 06:45
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item