Ulpatara Wandira, Zeta (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS SD NEGERI 1 PAMPANGAN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK - INDONESIA.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan jenis eksperimen semu (quasi eksperimental design), Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control grup design. sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV berjumlah 15 siswa untuk kelas eksperimen dan 16 siswa untuk kelas kontrol. Adapun teknik validasi instrumen dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Setelah dilakukan analisis, sebelum diterapkannya metode pembelajaran berdiferensiasi pada kelas eksperimen, nilai rata-rata siswa adalah 72,00. Setelah pembelajaran dilakukan, rata-rata meningkat menjadi 90,67. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 63,13 meningkat menjadi 68,75 pada posttest. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan uji Independent Samples t-Test pada bagian t-test for Equality of Means, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. Nilai ini lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS SD Negeri 1 Pampangan. Kata Kunci: Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Ipas
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 03 | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:37 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:37 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |