Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS SD NEGERI 1 PAMPANGAN

Ulpatara Wandira, Zeta (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS SD NEGERI 1 PAMPANGAN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Text
ABSTRAK - INDONESIA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan jenis eksperimen semu (quasi eksperimental design), Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control grup design. sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV berjumlah 15 siswa untuk kelas eksperimen dan 16 siswa untuk kelas kontrol. Adapun teknik validasi instrumen dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Setelah dilakukan analisis, sebelum diterapkannya metode pembelajaran berdiferensiasi pada kelas eksperimen, nilai rata-rata siswa adalah 72,00. Setelah pembelajaran dilakukan, rata-rata meningkat menjadi 90,67. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 63,13 meningkat menjadi 68,75 pada posttest. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan uji Independent Samples t-Test pada bagian t-test for Equality of Means, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. Nilai ini lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS SD Negeri 1 Pampangan. Kata Kunci: Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Ipas

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKiki, AryaningrumUNSPECIFIED
ContributorMega, Kusuma PutriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 03
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:37
Last Modified: 03 Jul 2025 06:37
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2679

Actions (login required)

View Item View Item