Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 006 PALEMBANG

Tri Ananda, Putri (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 006 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4.COVER + Lembar Pengesahan (1).pdf

Download (50kB)
[img] Text
1 ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (78kB)
[img] Text
6 BAB I (1).pdf

Download (115kB)
[img] Text
11 DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (42kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 006 Palembang serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 006 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan peserta didik kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 006 Palembang ini telah berjalan dengan baik. Dalam tahap perencanaan guru telah mengikuti pelatihan dan menyusun perangkat pembelajaran dengan baik. Dalam tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran juga telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan modul ajar, selanjutnya untuk penilaian atau evaluasi guru menggunakan beberapa bentuk asesmen yaitu asesmen diagnostik, formatif dan sumatif. Faktor pendukung dari pengimplementasian kurikulum merdeka khususnya pada pembelajaran bahasa indonesia ini adalah kontribusi dari berbagai pihak baik itu kepala sekolah, guru-guru kependidikan, orang tua, dan peserta didik itu sendiri. Selain itu, sarana dan prasarana yang ada sudah cukup memadai. Permasalahan penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 006 Palembang adalah kurangnya kemampuan peserta didik dalam berbahasa Indonesia dengan baik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMuhammad, IdrisNIDN0212126801
ContributorMega, PrasrihamniNIDN0226039101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:29
Last Modified: 22 Jul 2024 01:29
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item