Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PROYEK P5 TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DI SD

MARHIPA, DILA (2025) PENGARUH PROYEK P5 TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DI SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (386kB)
[img] Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB)

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi pembelajaran yang relevan terkait isu-isu aktual, sehingga menjadi salah satu cara dalam meningkatkan kemandirian, mengasah kemampuan berpikir kritis, keterampilan, kreatif, dan kolaboratif. Proyek ini menjadi wadah bagi peserta didik untuk belajar, mengamati, dan memikirkan solusi atas masalah yang ada di sekitar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan siswa pada saat pembuaatn pupuk dan mengetahui perbedaan keterampilan sebelum dan sesudah terlaksananya P5 dalam pembuatan pupuk organik cair di SD Negeri 1 Sungai Bungin. Penelitian mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis pre-experimental design, dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sungai Bungin yang mengikuti kegiatan proyek pembuatan pupuk organik cair. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, unjuk kerja, dan observasi. Hasil pretest menunjukkan bahwa keterampilan awal siswa tergolong rendah dalam hal identifikasi masalah dan pemahaman manfaat pupuk organik cair. Setelah penerapan Proyek P5, nilai posttest mengalami peningkatan signifikan yang menunjukkan bahwa proyek ini berdampak positif terhadap keterampilan siswa, khususnya dalam berpikir kritis, kolaboratif, dan pemecahan masalah berbasis lingkungan. Temuan lain menunjukkan bahwa siswa tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis dalam pembuatan pupuk organik cair, tetapi juga berkembang dalam aspek karakter, seperti gotong royong, kepedulian terhadap lingkungan, dan sikap kreatif. Dengan demikian, pengaruh proyek P5 dalam pembuatan pupuk organik cair terbukti efektif sebagai pendekatan pembelajaran kontekstual yang dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan menumbuhkan karakter peserta didik sesuai nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMisdalina, MisdalinaUNSPECIFIED
ContributorAbdullah, Bz SepteiyawanUNSPECIFIED
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:27
Last Modified: 03 Jul 2025 06:27
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2665

Actions (login required)

View Item View Item