Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

MINAT SISWA PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD NEGERI 36 PALEMBANG

ENY, ARIENI RIZKI FATIHA (2025) MINAT SISWA PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD NEGERI 36 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI ARF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK ARF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8kB)
[img] Text
BAB I ARF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ARF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (222kB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku. Oleh karena itu, permasalahan yang muncul terlihat bahwa beberapa siswa menganggap pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang monoton dan membosankan ketika mereka belajar.Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya minat siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode problem based learning. Tujuan Penelitian ini untuk untuk mengetahui minat siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode problem based learning. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode problem based learning mampu meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan sebagian besar siswa menyatakan pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami. Selain itu, metode ini juga mendorong siswa untuk berpikir kreatif, aktif berdiskusi, dan meningkatkan pemahaman terhadap materi. Berdasarkan hasil angket, 85% siswa menyatakan minat belajar mereka meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan metode problem based learning. Oleh karena itu, penerapan metode problem based learning disarankan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMuhamad, IdrisUNSPECIFIED
ContributorNugroho, N.A.DUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 134
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:14
Last Modified: 03 Jul 2025 06:14
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item View Item