Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA OPEN THE BOX BERBASIS WORDWALL TEHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 107 PALEMBANG

TANTRI, SITI TIARA (2025) PENGARUH MEDIA OPEN THE BOX BERBASIS WORDWALL TEHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 107 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER .pdf

Download (218kB)
[img] Text
ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (8kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Open The Box berbasis Wordwall terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SD Negeri 107 Palembang. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS, yang disebabkan oleh metode pembelajaran media yang kurang variatif dan kurangnya penggunaan media yang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (True Experimental Design) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kleas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol dimana kelas eksperimen dilakukan perlakuan menggunakan media open the box sedangkan kelas kontrol tidak adanya perlakuan atau secara konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket minat belajar, pretest,postest. Instrumen telah diuji validitas dan reabilitasnya menggunakan SPSS versi 25. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa signifikan antara nilai postest siswa kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan menggunakan media open the box berbasisi wordwall. Siswa menunjukan peningkatan minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, bisa dilihat dari uji hipotesis angket ditemukan bahwa nilai thitung kelas eksperimen sebesar 3.259, kelas kontrol 3.214 dan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,002 > 0,05 dan kelas kontrol sebesar 0,002 > 0,05 dan nilai rata-rata tes yaitu pada kelas eksperimen sebesar 84,78 dan pada kelas kontrol sebesar 71,29. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media open the box berbasis wordwall berpengaruh positif terhadap minat belajar IPAS siswa. Kata Kunci : Open The Box,Wordwall,Minat Belajar,IPAS, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorWahidy, AchmadUNSPECIFIED
ContributorRiyoko, EndieUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 19
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:23
Last Modified: 03 Jul 2025 01:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2608

Actions (login required)

View Item View Item