Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE BRAINSTORMING MELALUI CERITA ”KERJA SAMA YANG BAIK” UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Khasanah, Sahrul Barokah (2025) PENGARUH METODE BRAINSTORMING MELALUI CERITA ”KERJA SAMA YANG BAIK” UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
Cover+Pengesahan.pdf

Download (464kB)
[img] Text
Abstrak Indonesia (1).docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (528kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (787kB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 80 Palembang pada pembelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming melalui cerita “Kerja Sama Yang Baik” dalam meningkatkan dimensi berpikir kritis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 80 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis Pre-Eksperimental design dengan jenis one grup pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas IV SD Negeri 80 Palembang sebanyak 49 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV A sebanyak 25 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sampel t-test. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil pretest-posttest sebesar 22,92, dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode brainstorming melalui cerita “Kerja Sama Yang Baik” berpengaruh dalam meningkatkan dimensi kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 80 Palembang. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Cerita, Metode Brainstorming

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorPUSPITA, YENNYUNSPECIFIED
ContributorSELEGI, SUSANTI FAIPRIUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Hj. Eliyani M.M
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:44
Last Modified: 01 Jul 2025 08:44
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

View Item View Item