MISLUNA, FITRIA (2025) ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 160 PALEMBANG. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
![]() |
Text
SKRIPSI FITRI SELESAI-1 (1).pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
Cover-Abstrak-12.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FITRI SELESAI-14-20.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FITRI SELESAI-72-75.pdf Download (254kB) |
Abstract
Pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian siswa yang jujur, disiplin, cinta tanah air, serta menghormati keberagaman budaya, suku, dan agama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran inkuiri dalam pembentukan karakter integritas dan nasionalisme pada siswa kelas VI SDN 160 Palembang melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada guru dan 30 siswa. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri mampu mendorong pengembangan karakter kejujuran, disiplin, cinta tanah air, dan sikap menghargai keberagaman. Fase observasi dan refleksi dalam model inkuiri terbukti efektif dalam membangun tanggung jawab, kerja sama, dan empati antarsiswa. Data angket menunjukkan bahwa nilai karakter siswa berada dalam kategori tinggi, dengan rata-rata skor kejujuran 119,2; disiplin 121,2; cinta tanah air 123; dan menghargai keberagaman 124. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pembelajaran inkuiri tidak hanya meningkatkan pemahaman materi IPS, tetapi juga menanamkan nilai-nilai karakter secara kontekstual dalam kehidupan sehari-hari siswa. Oleh karena itu, strategi ini direkomendasikan sebagai pendekatan yang efektif dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar. Kata kunci: pendidikan karakter, pembelajaran inkuiri, integritas, nasionalisme, IPS, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 184 | |||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 08:10 | |||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 08:10 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2413 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |