Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

KONSELING KELOMPOK TEKNIK SOCIAL MODELLING DALAM MEMINIMALISIR STRES AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Rahmayanti, Meri (2025) KONSELING KELOMPOK TEKNIK SOCIAL MODELLING DALAM MEMINIMALISIR STRES AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (120kB)
[img] Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (173kB)
[img] Text
F BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
K DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Stres akademik siswa dipengaruhi oleh banyak tuntutan-tuntutan akademik yang menyebabkan siswa merasa terbebani tidak dapat menyelesaikan tanggung jawab sebagai seseorang siswa karena faktor terjadi sebagai remaja sekaligus pelajar disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok Teknik Social Modelling dalam meminimalisir stres akademik siswa Sekolah Menengah Atas. Pada penelitian ini menggunakan motode kuantitatif eksperimen dengan pre-test dan post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perubahan prilaku stres akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan treatmen. Hal ini dapat disimpulkan sebelum diberikan perlakuan di peroleh hasil pre-test dengan jumlah skor 269 dengan rata-rata nilai sebesar 67,2 masuk dengan kategori sedang. Kemudian dilakukan konseling kelompok post-test dengan jumlah skor 181 dengan nilai rata-rata sebesar 45,2 masuk kategori rendah. Hasil uji wilxocon menujukan Z hitung sebesar -1,826. Karena nilai Asymp. Sig(2-tailed) 0,068 lebih lecil dari 0,5 dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesisis (Ho) ditolak. Hal ini bearti ada pengaruh singnifikan setelah diberikan konseling kolompok Teknik Social Modelling, yang menunjukan bahwa motode ini efektif dalam meminimalisir stres akademik siswa Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHarapan, EdiUNSPECIFIED
ContributorDarmawani, EviaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Repo User 10
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:58
Last Modified: 01 Jul 2025 07:58
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item View Item