Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MODUL KERASOSBUD NUSANTARA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD

DESI DWI, SAFITRI (2023) PENGEMBANGAN MODUL KERASOSBUD NUSANTARA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (54kB)
[img] Text
A. ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk modul kerasosbud nusantara muatan keragaman sosial budaya nusantara pada siswa kelas V SD yang valid (2) Menghasilkan produk modul kerasosbud nusantara muatan keragaman sosial budaya nusantara pada siswa kelas V SD yang efektif. Analisis kebutuhan peneliti ini yaitu bahwa guru dan siswa masih menggunakan bahan ajar berupa buku cetak tematik, bahkan guru masih menggunakan metode ceramah dalam mengaitkan sebuah materi pembelajaran, dan didalam buku cetak tematik materi keragaman sosial budaya nusantara sangat sedikit dan gambar yang ada di buku tematik kurang menarik dan bervariasi. Dengan begitu diperlukan sebuah Modul agar siswa lebih memahami materi keragaman sosial budaya nusantara dan dapat membantu siswa belajar secara mandiri dan bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Palembang dengan jumlah sebanyak 22 siswa. Kriteria kualitas modul IPS materi keragaman sosial budaya nusantara yang dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi, media dan bahasa. Hasil Kevaidan modul berdasarkan validasi ahli materi sebesar 90,32% dikategorikan sangat valid, validasi ahli media sebesar 82,80% dikategorikan sangat valid, validasi ahli bahasa sebesar 86,29% dikategorikan sangat valid, validasi oleh Pendidik (Guru) sebesar 88,30% dikategorikan sangat valid dan validasi keefektifan 81,81% dikategorikan sangat efektif. Lalu penilaian angket respon siswa adalah 87% dikategorikan sangat baik, kemudian penilaian angket respon guru adalah 86% dikategorikan sangat baik. Berdasarkan yang telah dipaparkan bahwa modul IPS muatan keragaman sosial budaya nusantara sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorBukman, LianUNSPECIFIED
ContributorKiki, AryaningrumUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:19
Last Modified: 19 Jul 2024 03:19
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item View Item