Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengembangan E-modul Berbasis Canva Pada Pembelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya Guna Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV SDN 35 Palembang

Rika, Darmalia (2024) Pengembangan E-modul Berbasis Canva Pada Pembelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya Guna Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV SDN 35 Palembang. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (13kB)
[img] Text
1. abstrak indonesia docx.pdf

Download (99kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar E-modul IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV SDN 35 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri 5 tahap yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Tahap ini dihasilkan produk E-modul IPAS Indonesiaku Kaya Budaya yang telah divalidasi oleh 3 validator ahli. Pada tahap implementasi dilakukan penyebaran angket respon pendidik dan respon peserta didik guna kepraktisan produk yang dikembangkan. E-modul yang telah divalidasi oleh 3 ahli dan 3 pendidik serta 23 peserta didik kelas IV SDN 35 Palembang. E- modul divalidasi berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan berdasarkan validasi aspek materi mendapatkan presentase 90,9% dengan kriteria “Sangat Valid”, hasil validasi media mendapatkan presentase 86% dengan kriteria “Sangat Valid”, dan hasil validasi bahasa mendapatkan presentase 84% dengan kriteria “Sangat Valid”. Kemudian berdasarkan aspek kepraktisan hasil dari angket respon pendidik mendapatkan presentase 86,6% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan hasil dari angket respon peserta didik mendapatkan presentase 90,2% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Dapat disimpulkan bahwa produk E-modul IPAS Indonesiaku Kaya Budaya yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHetilaniar, HetilaniarNIDN0213128103
ContributorDina Sri, NindiatiNIDN0220143604
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:41
Last Modified: 19 Jul 2024 08:41
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item