Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL (CONGKLAK) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 226 PALEMBANG

RIBKA, KURNIAWATI (2024) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL (CONGKLAK) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 226 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (114kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (94kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk dapat melihat dan mengetahui pengaruh permainan tradisional (congklak) dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berhitung pada siswa kelas 1 SD Negeri 226 Palembang. Kemampuan berhitung merupakan kemampuan yang sangat wajib dimiliki oleh setiap siswa dalam proses pembelajaran matemaika untuk menunjang kehidupan di masa depan kelak.. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian eksperimen atau kuantitatif dengan jenis penelitian (Quasi Eksperimen Design) dan desain Nonequavalent Control Grup Design.Variabel penelitian variabel independen X = Permainan Tradisional (congklak) dan variabel dependen Y = Kemampuan Berhitung Siswa SD. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I SD Negeri 226 Palembang yang berjumlah 150 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Untuk mengukur kemampuan berhitung siswa menggunakan rangkaian pelaksanaan penelitian prettest, perlakuan dan posttest dan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan tes objektif pilihan ganda yang berjumlah 10 soal. Prettest kelas eksperimen dan control mendapatkan nilai (sig) 0,010 < 0,05 dan posttest mendaatkan nilai (sig) 0,014 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat menyimpulkan bahwa terdapat keefektifan penggunaan permainan tradisional (congklak) dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berhitung pada siswa kelas 1 SD Negeri 226 Palembang, karena diperoleh nilai yang signifikan dengan thitung < ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDessy, WardiahNIDN0225127701
ContributorAldora, PratamaNIDN0223099301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:41
Last Modified: 19 Jul 2024 08:41
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item