Maria, Vera Dina (2021) Pembelajaran Geografi selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMA Patra Mandiri 2 Palembang). skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
![]() |
Text
d. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
a. ABSTRAK INDONESIA.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
f. BAB I.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah Pembelajaran Geografi terkait dengan Perencanaan, Penerapan dan Evaluasi serta Kendala selama masa Pandemi Covid-19 di SMA Patra Mandiri 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMA Patra Mandiri 2 Palembang, Guru mata pelajaran Geografi di SMA Patra Mandiri 2 Palembang dan objek dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Geografi dimasa Pandemi Covid-19 yang berlangsung di SMA Patra Mandiri 2 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada penelitian ini Perencanaan Pembelajaran daring atau online yang dilaksanakan di SMA Patra Mandiri 2 Palembang mengalami banyak perbedaan dengan Perencanaan Pembelajaran tatap muka, terlihat pada: (1) Bahan Ajar yang digunakan berupa Cetak, Audio, Visual dan Multimedia, (2) Metode Pembelajaran yang dipilih menggunakan Blended Learning dengan menggunakan aplikasi Zoom, diskusi online, (3) Sumber Belajar menggunakan youtube, Ruang Guru, TV Edukasi, BSE, (4) Media Pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp, telegram, google classroom, (6) Penilaian saat menggunakan google form, (7) Alokasi waktu mengalami pengurangan durasi belajar menjadi 2 jam pelajaran per minggu. Kendala yang dihadapi diantaranya adalah Pengaplikasian media daring, jaringan internet, listrik, cuaca, kuota internet, motivasi peserta didik, aplikasi error dan kurangnya pengawasan peserta didik dari orang tua atau wali siswa. Kata Kunci : Pandemi Covid-19, Perencanaan, Penerapan dan Evaluasi, Kendala.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi | |||||||||
Depositing User: | Hj. Eliyani M.M | |||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 04:45 | |||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 04:45 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |