Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP KUALITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS 2 KECAMATAN LUBUK BESAR

MONALISA, YUANITA (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP KUALITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS 2 KECAMATAN LUBUK BESAR. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
A. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.docx

Download (9kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengidentifikasi apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kualitas belajar siswa di Sekolah Dasar Gugus 2 Kecamatan Lubuk Besar 2; (2) Untuk mengevaluasi apakah kinerja guru memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas belajar siswa di Sekolah Dasar Gugus 2 Kecamatan Lubuk Besar 2; (3) Untuk menilai apakah terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap kualitas belajar siswa di Sekolah Dasar Gugus 2 KecamatanLubuk Besar. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang diteliti terdiri dari 40 siswa di Gugus 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Data dikumpulkan melalui metode angket, dan analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linear ganda. Hasil dari analisis menunjukkan persamaan garis linier ganda Y = 49,056 + 0,660 X1 + 0,652 X2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kinerja kepala sekolah terhadap kualitas belajar siswa di Sekolah Dasar Gugus 2 Kecamatan Lubuk Besar 2, yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel atau 3,261 > 1,685 pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kinerja guru terhadap kualitas belajar siswa di Sekolah Dasar Gugus 2 Kecamatan Lubuk Besar 2, yang terlihat dari nilai t hitung > t tabel atau 2,240 > 1,685 pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kinerja kepala sekolah dan kinerja guru terhadap kualitas belajar siswa di Sekolah Dasar Gugus 2 Kecamatan Lubuk Besar 2. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kinerja Guru, Kualitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAhyani, NurUNSPECIFIED
ContributorMulyadi, MulyadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 02 May 2025 03:58
Last Modified: 02 May 2025 03:58
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item View Item