Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE JARIMATIKA PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 202 PALEMBANG

Nada, Liona (2024) PENGARUH METODE JARIMATIKA PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 202 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover + Lembar Pengesahan Nada.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Abstrak Nada.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I Nada.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Nada.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan, yakni kurangnya kemampuan dalam berhitung perkalian yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kurang dari KKM sebanyak 14 siswa. Metode yang digunakan hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga dapat membuat peserta didik bosan dan kurang tertarik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika perkalian terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 202 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperimental design dengan desain posttest-only control design. Populasi pada penelitian ini terdapat 22 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol, dan sampel yang digunakan di kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan 25 siswa dikelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian yang digunakan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil tes akhir kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 80,45 dengan nilai rendah 50 dan nilai tinggi 100, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol mendapatkan 65,20 dengan nilai rendah 40 dan nilai tinggi 90. Hasil perhitungan uji-t mendapatkan nilai posttest terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 3,446 dengan nilai ttabel = 1,679 dan df = 45. Sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung = 3,446 ≥ ttabel = 1,676 dan signifikan adalah 0,411 > 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima atau ada pengaruh yang signifikan antara metode jarimatika perkalian terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 202 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKabib, SholehNIDN0221038902
ContributorSylvia Lara, SyaflinNIDN0201108003
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:23
Last Modified: 19 Jul 2024 08:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item