Trisna, Henny (2024) Thematic Roles Pada Penguasaan Kalimat Aktif dan Pasif Balita Usia 3-4 Tahun. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. Cover + Pengesahan.pdf Download (450kB) |
|
Text
A. Abstrak Indonesia.docx Download (13kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (540kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan anak usia 3-4 tahun terhadap peran tematik kalimat aktif dan pasif bahasa Indonesia serta hubungan antara proses jenis kalimat aktif dan pasif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data modalitas bicara anak usia 3-4 tahun diperoleh sebanyak 2 partisipan. Data diperoleh dengan menggunakan satu jenis data yaitu studi kasus. Data dianalisis menggunakan teori thematic roles yang dikemukakan oleh Andrew (1958) dan Radford (1988) dan teori Halliday (2014) tentang tipe proses. Berdasarkan temuan bahwa peran tematik dikuasai anak dalam kalimat aktif adalah agen, agen+pasien, agen+penerima, agen+instrumen, agen+lokasi, agen+golongan. Untuk kalimat pasif peran tematik yang dikuasai yaitu pasien serta pasien+agen. Jenis proses dalam kalimat aktif dan pasif usia 3-4 tahun terutama adalah proses material, proses psikologis, proses relasional, dan proses perilaku. Berdasarkan temuan tersebut, anak usia 3-4 tahun sudah mampu menggunakan kalimat kompleks, yaitu kalimat aktif dan pasif. Selain itu, anak usia 3-4 tahun tidak hanya menguasai kata kerja, tetapi juga maknanya. Kata Kunci: Peran Tematik, Tipe Proses, Kalimat Aktif, Kalimat Pasif, Anak Usia 3-4 Tahun.
Item Type: | Thesis (tesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics | |||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Selvi Puspitasari | |||||||||
Date Deposited: | 04 Jan 2025 05:02 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2025 05:02 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1893 |
Actions (login required)
View Item |