Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

DESAIN DIDAKTIS PADA PEMBELAJARAN JARAK DALAM RUANG DIMENSI TIGA BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK SISWA KELAS X SMA

Ikhsi Nadila, Ririn (2024) DESAIN DIDAKTIS PADA PEMBELAJARAN JARAK DALAM RUANG DIMENSI TIGA BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK SISWA KELAS X SMA. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
D. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (120kB)
[img] Text
A. Abstrak Bahasa Indonesia.docx

Download (13kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Didactical Design Research (DDR) yang bertujuan untuk merancang desain didaktis pada materi konsep jarak dalam ruang dimensi tiga. Desain didaktis dirancang dengan memperhatikan Learning Obstacle dan Learning Trajectory pada siswa. Penelitian ini memiliki tiga tahapan yang meliputi tahap analisis prosfektif, tahap analisis metapedadidaktik dan tahap analisis retrosfektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami hambatan belajar pada materi konsep jarak dalam ruang dimensi tiga yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi prasyarat sebagai dasar untuk mempelajari materi konsep jarak dalam ruang dimensi tiga. Hypothetical Learning Trajectory (HLT) pada penelitian ini disusun berdasarkan Learning Obstacle yang dialami oleh siswa. Desain didaktis sesuai dengan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yakni melakukan Adaptasi, Aksi, Formulasi dan Validasi untuk menentukan desain yang sempurna dengan memperhatikan Learning Obstacle yang dialami oleh siswa dari pemahaman materi prasyarat tentang vektor sampai dengan pemahaman materi jarak dalam ruang dimensi tiga yang menggunakan aplikasi geogebra untuk mendapatakan hasil yang maksimal dengan dampak penurunan yang signifikan pada indentifikasi akhir. Kata Kunci: Learning Obstacle, Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Geogebra, Analisis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
CollaboratorFahriza Fuadiah, NyiayuUNSPECIFIED
CollaboratorISROQMI, ASNURULUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Hidayat
Date Deposited: 12 Dec 2024 07:13
Last Modified: 12 Dec 2024 07:13
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item