Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS I

LISA MAULIDA, HASANAH (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS I. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER & PENGESAHAN LISA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK B. INDONESIA LISA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI LISA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LISA.pdf

Download (206kB)

Abstract

Pengajaran matematika saat ini memerlukan pemanfaatan teknologi. Multimedia pembelajaran interaktif yang didukung oleh aplikasi canva adalah media pembelajaran yang memungkinkan interaksi antara pengguna dan pembuat media menggunakan perangkat teknologi seperti smartphone atau komputer/laptop. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis aplikasi canva pada materi bangun datar kelas 1 yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Objek penelitian ini adalah multimedia pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi canva pada materi bangun datar kelas 1. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, teknik analisis kepraktisan, teknik analisis keefektifan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi, angket respons peserta didik, dan soal tes hasil belajar peserta didik. Tingkat validitas yang dinilai oleh dua dosen dan satu pendidik mendapatkan skor 84,3%, sehingga dikategorikan sangat valid. Tingkat kepraktisan setelah diuji coba kepada peserta didik mendapat skor 84%, sehingga dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan tes hasil belajar peserta didik dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi canva, diperoleh skor sebesar 85% yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi canva yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDina, OctariaNIDN0205108701
ContributorBZ., Septeiyawan A.NIDN0228089501
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:49
Last Modified: 19 Jul 2024 07:49
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item