Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH KURIKULUM MERDEKA DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN JAKABARING

Wulandari, Ika Tri (2024) PENGARUH KURIKULUM MERDEKA DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN JAKABARING. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (124kB)
[img] Text
a. ABSTRAK- INDONESIA.docx

Download (17kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kurikulum Merdeka dan Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Jakabaring. Sampel dalam penelitian ini yakni sebanyak 145 orang siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Jakabaring. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuesioner dengan skala Likert. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan Kurikulum Merdeka berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Negeri se Kecamatan Jakabaring, hal ini ditunjukkan dari nilai r sebagai koefisien korelasi (r) adalah 0,847 artinya dapat diinterpretasikan bahwa variabel kurikulum merdeka memiliki hubungan yang sangat kuat untuk meningkatkan variabel hasil belajar se Kecamatan Jakabaring, dan R2 sebesar 0,837 yang berarti variable kurikulum merdeka mampu menjelaskan sebesar 83,7% variable hasil belajar, sedangkan 16,3% lainnya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Negeri se Kecamatan Jakabaring, hal ini ditunjukkan dari nilai r sebagai koefisien korelasi (r) adalah 0,887 artinya dapat diinterpretasikan bahwa variabel kinerja guru memiliki hubungan yang sangat kuat untuk meningkatkan variabel hasil belajar peserta didik se Kecamatan Jakabaring, dan nilai R2 sebesar 0,841 yang berarti variable kinerja guru mampu menjelaskan sebesar 84,1% variable hasil belajar, sedangkan 15,9% lainnya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kurikulum Merdeka dan Kinerja Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Negeri se Kecamatan Jakabaring, hal ini ditunjukkan dari nilai r sebagai koefisien korelasi (r) adalah 0,887 artinya dapat diinterpretasikan bahwa variabel kinerja guru memiliki hubungan yang sangat kuat untuk meningkatkan variabel hasil belajar peserta didik se Kecamatan Jakabaring, dan nilai R2 sebesar 0,841 yang berarti variable kinerja guru mampu menjelaskan sebesar 84,1% variable hasil belajar, sedangkan 15,9% lainnya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Untuk itu disarankan Kepala Sekolah mampu mengayomi, memberikan contoh, yang baik bagi para guru, penerapan gaya kepemimpinan yang baik akan memotivasi guru untuk menghasilkan cara kerja yang baik juga. Guru mampu mengungkapkan apa yang menjadi keluhan baik dari gaya kepemimpinan kepala sekolah maupun timbal balik yang diterima dari hasil kerja yang telah dilakukan. Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Kinerja Guru, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorWidayatsih, TriUNSPECIFIED
ContributorPahlawan, PahlawanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 09 Dec 2024 03:46
Last Modified: 09 Dec 2024 03:46
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item View Item