PRATAMA, PUTRA (2024) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA LAGU “BAGIMU NEGERI” DI SMPN 42 PALEMBANG. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.docx Download (14kB) |
|
Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (345kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
Abstract
Di kecamatan ilir timur II belum banyak sekolah yang bisa menampilkan pertunjukan paduan suara, yang biasanya dilakukan sekolah – sekolah SMP hanya menampilkan pertunjukan vokal grup. Ada juga hal – hal yang menarik perhatian peneliti di dalam kegiatan ekstrakulikuler ini yaitu bagaimana cara pelatih melatih paduan suara di SMP Negeri 42 Palembang. Sehingga kegiatan ekstrakulikuler ini menjadi nilai tambah yang dimiliki oleh SMPN 42 Palembang.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji bagaimana pembelajaran ekstrakulikuler paduan suata lagu “Bagimu Negeri” di SMPN 42 Palembang berlangsung. Sejalan dengan pendekatan yang dipilih, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk mengenali dan menggambarkan objek penelitian yang sebenarnya sesuai apa yang ditemukan saat penelitian dilapangan, mengenai pembelajaran ekstrakulikuler paduan suara lagu “Bagimu Negeri” di SMPN 42 Palembang. Dari hasil pembahasan diatas dapat kita pahami bahwa metode dan strategi yang digunakan pelatih pada pembelajaran ekstrakulikuler paduan suara di SMP Negeri 42 Palembang efektif digunakan hal itu dapat dibuktikan dari hasil penilaian yang dilakukan oleh pelatih yang dinilai pada upacara bendera hari senin siswa sudah bisa menyanyikan lagu Bagimu Negeri tanpa ada nada yang fals dan tidak dapat kekeliruan dalam masing masing pembagian suara yang telah dibagikan sesuai kelompok SATB yang sudah di tentukan oleh pelatih.Ekstrakulikuler paduan suara di SMP Negeri 42 Palembang sudah berjalan dengan baik dan efektif, karena metode dan strategi yang digunakan oleh pelatih sudah sangat sesuai dengan siswa yang mengikuti ekstrakulikuler paduan suara tersebut. Pelatih menggunakan metode demonstrasi, konvensional, dan tutor sebaya dan pelatih juga menggunakan strategi pendekatan terhadap siswa sehingga komikasi antara kedua pihak berjalan dengan baik. Proses pembelajaran ekstrakulikuler paduan suara si SMP Negeri 42 Palembang sudah berjalan dengan baik dari mulai penyampaian materi, metode dan strategi yang digunakan, dan hasil pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran Ekstrakulikuler Paduan Suara Lagu “Bagimu Negeri” di SMPN 42 Palembang
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sendratasik | |||||||||
Depositing User: | Feri Hidayat | |||||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2024 03:42 | |||||||||
Last Modified: | 09 Dec 2024 03:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1763 |
Actions (login required)
View Item |