MUNIFAH, MUNIFAH (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT HITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 92 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. Munifah, COVER+PENGESAHAN.pdf Download (356kB) |
|
Text
1. Munifah, ABSTRAK INDO.pdf Download (358kB) |
|
Text
6. Munifah, BAB 1.pdf Download (474kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media alat hitung terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 92 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berupa true-experimental dengan desain post-test only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 92 Palembang dengan objek penelitian yaitu siswa kelas 1.B sebagai kelas eksperimen dan 1.A sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test. Berdasarkan analisis data, terlihat ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media alat hitung terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t-test untuk hasil belajar matematika yang memperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar (0,004) ≤ α (0,05) dan nilai t hitung sebesar 2.969 lebih besar ≥ t tabel 2,012. Berdasarkan kriteria Keputusan, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terbukti bahwa penggunaan media alat hitung pada pembelajaran matematika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar; media alat hitung
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Selvi Puspitasari | |||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2024 07:08 | |||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2024 07:08 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1740 |
Actions (login required)
View Item |