Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 137 PALEMBANG

KADEK, WARTI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 137 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (190kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (116kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar di SD Negeri 137 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif wordwall terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 137 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimental Design. Desain dalam penelitian adalah Posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 14 Palembang. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas V.A yang berjumlah 15 siswa dan V.B berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket dan dokumentasi. Teknik uji coba isntrumen penelitian menggunakan validitas, reliabilitas. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar dengan menggunakan media interaktif wordwall dapat diketahui bahwa hasil angket motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata yang didapatkan siswa nilai posttest yaitu 88,0%. Sedangkan hasil angket motivasi belajar siswa kelas kontrol dengan rata-rata yang didapatkan siswa nilai posttest yaitu 62% . Teknik analisis data dalam penelitian diolah menggunakan uji normalitas diperoleh nilai sig 0,119 > 0,05 untuk kelas eksperimen, dan 0,200 > 0,05 untuk hasil nilai kelas kontrol. Selanjutnya uji homogenitas yaitu nilai sig0,459 > 0,05, dan uji Independen Sample T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media interaktif wordwall terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V di SD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorEndie, RiyokoNIDN0214058902
ContributorDavid Budi, IrawanNIDN0216048904
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 04 Dec 2024 01:45
Last Modified: 04 Dec 2024 01:45
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item