Wanda, Wanda (2024) PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTU MEDIA KARYA SENI 3 DIMENSI MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
A. ABSTRACK INDONESIA.pdf Download (101kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (401kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun suatu karateristik peserta didik dalam bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar sebagai bentuk rasa bersyukur dan meningkatkan suatu hasil belajar peserta didik dalam penerapan model PJBL yang berbantu dengan media pembelajaran karya seni 3 dimensi terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPAS dikelas 5 di SD Negeri 077 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian True Eksperimen Design. Pada penelitian in dilakukan secara random sehingga menggunakan metode eksperimen true experimental design yaitu Pre-Test – Post-Test only control design dan Pre-Test – Post-Test control group design. Berdasarkan hasil penelitian dari data instrument test pada soal pilihan ganda pretest dari kelas control ( V.A ) yang berjumlah 24 peserta didik didapatkan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 35 untuk Pre- Test dan untuk nilai Post- Test pada nilai tertinggi 70 dan terendah 45 sedangkan, Kelas Eksperimen ( V.B ) yang berjumlah 25 peserta didik didapatkan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 15 untuk Pre- Test dan untuk Post- Test pada nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70, hasil setelah perlakuan menggunakan model PJBL berbantu media karya seni 3 dimensi (Prettest) diperoleh hasil yaitu kategori 25 peserta didik yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan analisis data didapatkan nilai signifikan adalah 0,000 < 0,025. Jadi jika nilai signifikan <0,025 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dalam Penerapan Model PJBL Berbantu Media Karya Seni 3 Dimensi Mata Pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa . Jadi dalam penggunaan model PJBL berbantu media karya seni 3 Dimensi siswa dapat membangun suatu karateristik peserta didik dalam bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar sebagai bentuk rasa bersyukur dan meningkatkan suatu hasil belajar peserta didik yang Oktimal
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2024 02:26 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2024 02:26 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1686 |
Actions (login required)
View Item |