SENJA MUSTIKA, AYU (2024) ANALISIS PEMBELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SD NEGERI 69 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (159kB) |
|
Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (66kB) |
|
Text
f. BAB I (1).pdf Download (322kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (347kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS) dan untuk mengetahui faktor kelebihan dan kekurangan dari kurikulum merdeka untuk kelas IV di SD Negeri 69 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi dengan guru dan siswa sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi IPAS dalam kurikulum merdeka di SD Negeri 69 Palembang belum cukup efektif. Hambatan utama dalam penerapan metode pengajaran ini adalah keterbatasan sarana dan prasarana dan kemampuan kognitif siswa yang berbeda-beda. Namun, penggunaan metode praktikum dan alat peraga telah terbukti membantu siswa memahami materi IPAS dengan lebih baik dan meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Diharapkan bahwa penelitian ini akan membantu meningkatkan implementasi pengajaran IPAS, khususnya di SD Negeri 69 di Palembang, dan menjadi referensi untuk pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif dalam kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2024 03:40 | |||||||||
Last Modified: | 28 Nov 2024 03:40 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1674 |
Actions (login required)
View Item |