Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn KELAS IV SEKOLAH DASAR

Susi, Wulandari (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn KELAS IV SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (284kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (106kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil kemampuan yang dicapai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perubahan atau peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran PPKn Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Rambang Niru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian True-Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang melibatkan 44 siswa sebagai sampel yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homeginatas. Kelompok kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 76,36 dan kelompok kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 60,45. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan nilai signifikan kelas eksperimen 0,393 dan nilai signifikan kelas kontrol 0,200. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikan 0,784>0,05 sehingga dinyatakan bahwa varian data homogen. Pada pengujian hipotesis pada uji t (Independent Sample T-Test) dengan signifikan yaitu <0,05 diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,001<0,05 dan pada uji-t dengan ttabel>2,018 diperoleh nilai thitung 3,798 > ttabel 2,018 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRamanata, DisuryaNIDN0225126601
ContributorTanzimah, TanzimahNIDN0221107504
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 28 Nov 2024 02:44
Last Modified: 28 Nov 2024 02:44
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item View Item