ZAHRATUL, JAMILAH (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SDN 71 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (324kB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (5kB) |
|
Text
5. BAB 1.pdf Download (260kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Kurikulum Merdeka terhadap pemahaman konsep Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 71 Palembang. Kurikulum Merdeka diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan kreativitas siswa dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran PKn yang sering dianggap membosankan dan bersifat teoritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diajarkan dengan pendekatan Kurikulum Merdeka dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda yang mengukur pemahaman siswa terhadap asas Pancasila dan kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka berpengaruh signifikan terhadap pemahaman siswa, dengan nilai t_hitung sebesar 12,430 lebih besar dari t_tabel sebesar 2,015. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Penerapan Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Kewarganegaraan khususnya dalam memahami perilaku buruk pada diri sediri dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:44 | |||||||||
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:44 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1647 |
Actions (login required)
View Item |