Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARLING (KESADARAN LINGKUNGAN) PADA MATA PELAJARAN IPAS BAGI SISWA KELAS 4 SD

MUHAMMAD ANDRI, HAPNI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARLING (KESADARAN LINGKUNGAN) PADA MATA PELAJARAN IPAS BAGI SISWA KELAS 4 SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (376kB)
[img] Text
a. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)

Abstract

Kebutuhan akan pendidikan selalu berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, budaya, dan masyarakat. Pendidikan masyarakat bertujuan untuk membentuk karakter dan peradaban bangsa yang cerdas, percaya, inovatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan pengembangan media digital berbasis flipbook pada mata Pelajaran IPAS materi tumbuhan, sumber kehidupan di bumi untuk siswa kelas 4 SD yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, analyze (analisis), design (perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian tentang penilaian ahli media dari segi aspek desain produk flipbook dan program media pembelajaran mendapatkan rata-rata 42 dengan presentase 84% (sangat valid), penilaian ahli materi dari segi aspek kurikulum dan materi mendapatkan rata-rata 44 dengan presentase 88% (sangat valid), penilaian ahli bahasa dari segi aspek kelayakan bahasa mendapatkan rata-rata 40 dengan presentase 80% (valid). Hasil penelitian angket respon siswa di peroleh rata-rata 43,10 dengan presentase 86,21% mendapatkan kreteria (sangat praktis) dan Hasil uji coba keefektifan media pembelajaran darling (kesadaran lingkungan) berbasis flipbook yang dilakukan melalui penyebaran soal latihan dengan responden siswa kelas IV A SD Negeri 25 Palembang. Berdasarkan hasil soal latihan siswa di peroleh total skor rata-rata 84,64 mendapatkan kreteria (sangat efektif).

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorBukman, LianNIDN8883120016
ContributorKiki, AryaningrumNIDN0608018602
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:51
Last Modified: 19 Nov 2024 03:51
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item