Asih Puspita, Sari (2024) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA CORONG BERHITUNG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD N 077 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (341kB) |
|
Text
b. ABSTRAK- Indonesia.pdf Download (82kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (456kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga corong berhitung terhadap motivasi belajar matematika pada materi penjumlahan bilangan sampai 50 menggunakan media corong berhitung di kelas II SD N 077 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian pra eksperimen. Populasi penelitian yaitu siswa kela II yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini adalah sampel jenuh. Rancangan perlakuan yaitu one grup posttes dan pretest desing. Teknik pengambilan data berupa angket. Teknik pengambilan data paired sampel T-test dengan signifikat= 0,05. Berdasarkan analisis data didapatkan nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05. Jadi jika nilai signifikan <0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh alat peraga corong berhitung terhadap motivasi peserta didik terhadap pembelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar. Jadi siswa yang bermotivasi tinggi dalam belajar memungkinkan akan memperoleh hasil belajar yang tinggi pula, artinya semakin tinggi motivasinya semakin intensitas usaha dan upaya yang dilakukan, maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:50 | |||||||||
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1641 |
Actions (login required)
View Item |