Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PARITAN (FLIP MENGENAL NKRI DENGAN PERTANYAAN ATAU TANTANGAN) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 144 PALEMBANG

NURFAIZAH ALYA, RAMADHANI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PARITAN (FLIP MENGENAL NKRI DENGAN PERTANYAAN ATAU TANTANGAN) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 144 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (257kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (111kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PARITAN (Flip Mengenal NKRI dengan Pertanyaan atau Tantangan) yang valid pada materi makna NKRI dan mengembangkan media PARITAN (Flip Mengenal NKRI dengan Pertanyaan atau Tantangan) yang praktis pada materi makna Negara Kesatuan Republik Indonesia kelas IV SD Negeri 144 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah R&D jenis pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Populasi dan sampel penelitian ini yaitu populasi siswa kelas IV SD Negeri 144 Palembang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian produk media PARITAN (Flip Mengenal NKRI dengan Pertanyaan atau Tantangan) pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD. Produk tersebut dibuat dengan menggunakan karton padi yang dirancang menyerupai box/buku yang didalamnya terdapat lembaran materi. Keunggulan dan hasil pengembangan media PARITAN (Flip Mengenal NKRI dengan Pertanyaan atau Tantangan) menarik dan memotivasi siswa dalam proses kegiatan pembelajaran karena media tersebut belajar sambil bermain. Penilaian para ahli menunjukan bahwa media PARITAN (Flip Mengenal NKRI dengan Pertanyaan atau Tantangan) dengan persentase sebesar 90,9% validator ahli media, persentase sebesar 90% ahli materi 90% ahli bahasa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media PARITAN (Flip Mengenal NKRI dengan Pertanyaana atau Tantangan) termasuk dalam kategori valid. Dan hasil respon siswa diperoleh persentase 90,18% dapat disimpulkan bahwa kepraktisan media PARITAN pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD termasuk dalam kategori praktis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorTreny, HeraNIDN0219019101
ContributorKiki, AryaningrumNIDN0608018602
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:49
Last Modified: 19 Nov 2024 03:49
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item View Item