Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

ERMA PUTRI, ULANDA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (16kB)
[img] Text
a. ABSTRAK INDO.pdf

Download (113kB)
[img] Text
f. BAB 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Model Team Games Tournament (TGT) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5 sampai 6 orang siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku atau ras yang berbeda. Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah pengaruh Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunkan metode penelitian True Experimental Design dengan rancangan penelitian PostTest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 92 palembang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VI.A dengan jumlah peserta didik 23 peserta didik sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas VI.B dengan jumlah peserta didik 23 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam kegaiatan penelitian ini adalah test dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent simple t-test. Pada hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan setelah menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Amplop Misteri, analisis data yang diperoleh 0,000 < 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Jadi, setelah melakukan pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan Model Pembelejaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorJuliansyah, PutraNIDN8855480018
ContributorNora, SurmilasariNIDN0204118901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:40
Last Modified: 19 Jul 2024 07:40
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item