Elisa Emilia, Sari (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MATHMAGIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 4 SEMBAWA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
COVER+LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
ABSTRAK ELISA.pdf Download (93kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (191kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mathmagic terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SD Negeri 4 Sembawa. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain post-test only control design. Populasi penelitian yaitu 52 orang siswa dan sampel penelitian yang digunakan yaitu seluruh populasi yang terdiri dari kelas eksperimen 26 orang dan kelas kontrol 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan, penggunaan metode mathmagic terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SD Negeri 4 Sembawa mengalami peningkatan rata-rata 36,92. Ada pengaruh penggunaan metode mathmagic terhadap hasil belajar siswa pembelajaran matematika kelas III di SD Negeri 4 Sembawa berdasarkan uji-t menggunakan software SPSS for windows diperoleh nilai thitung ( 7,960) dan ttabel (3,701), karena nilai thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hasil belajar perkalian siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode mathmagic lebih baik dibanding kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:39 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:39 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/163 |
Actions (login required)
View Item |