Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 31 BANYUASIN III

DWI, PALANTIKA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 31 BANYUASIN III. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER DAN PENGESAHAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (36kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa proses pembelajaran di SDN 31 Banyuasin III yaitu kurangnya contoh secara kontekstual sehingga membuat siswa kurang paham materi sumber daya alam. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sumber daya alam dan model pembelajaran yang digunakan kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 31 Banyuasin III. Metode penelitian ini menggunakan metode pre-exsperimental design dengan menggunakan rancangan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil didapatkan bahwa rata-rata hasil tes yang tertinggi terdapat pada tes akhir (posttest) sebesar 84,82, sedangkan rata-rata untuk tes awal (pretest) sebesar 34,21. Dengan demikian, terjadi peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran kontekstual. Hasil perhitungan t_hitung sebesar 14,50 > nilai t_tabel sebesar 1,694. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 31 Banyuasin III.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSukardi, SukardiNIDN0001076301
ContributorNugroho, NugrohoNIDN0213118702
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 05:32
Last Modified: 19 Jul 2024 05:32
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item