Tutut, Agustianza (2021) Penerapan Model Experiential Learning Berbasis Local Wisdom Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Materi SBdP Kelas IV SD Negeri 10 Sembawa. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (426kB) |
|
Text
a. ABSTRAK - INDONESIA.pdf Download (104kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP sebelum diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran experiential learning di SD Negeri 10 Sembawa?, 2) Bagaimana kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran experiential learning di SD Negeri 10 Sembawa?, 3) Apakah model pembelajaran experiential learning efektif terhadapat kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP di SD Negeri 10 Sembawa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP sebelum diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran experiential learning di SD Negeri 10 Sembawa, 2) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran experiential learning di SD Negeri 10 Sembawa, 3) Untuk mengetahui Apakah model pembelajaran experiential learning efektif terhadap kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP di SD Negeri 10 Sembawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP sebelum diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran experiential learning nilai rata-rata adalah 29,74 dengan kriteria Cukup Kreatif sebanyak 24 siswa atau 55,8%; dengan kriteria Tidak Kreatif sebanyak 19 siswa atau 44,2%; serta tidak ada siswa dengan kriteria Sangat Kreatif dan Kreatif, 2) Kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran experiential learning nilai rata-rata adalah 70,14 dengan kriteria Sangat Kreatif sebanyak 2 siswa atau 4,7%; dengan kriteria Kreatif sebanyak 37 siswa atau 86,0%; dengan kriteria Cukup Kreatif sebanyak 4 siswa atau 9,3%; serta tidak ada siswa dengan kriteria Tidak Kreatif, 3) Model pembelajaran expriential learning efektif terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran materi SBdP di SD Negeri 10 Sembawa, hal ini dapat dilihat nilai Sig. = 0,000 lebih kecil dari alpha (α) = 0,05; dengan nilai thitung sebesar 7,418 dan nilai ttabel sebesar 2.017, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:56 | |||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1597 |
Actions (login required)
View Item |