Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS 1

DONA, TERESHA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS 1. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar matematika sekolah dasar kelas 1. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen melibatkan 69 sampel kelas 1 A dan 1 E. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian adalah pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata posttest 68.3824 data tersebut menunjukan bahwa kelas kontrol masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal hasil belajar mata pelajaran matematika yaitu 70. Pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata posttest 80.7143 data tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen memenuhi kriteria ketuntasan minimal hasil belajar. Sedangkan hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data posttest kedua kelompok siswa yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki sebaran data yang berdistribusi normal dengan nilai signifikan posttest pada kelas kontrol 0,168 dan 0,200 pada kelas eksperimen. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai sebesar 0,315 lebih besar dari 0,05 dapat dinyatakan homogen. Pada pengujian hipotesis pada uji t (independent sampel test) diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar matematika sekolah dasar kelas 1.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRamanata, DisuryaNIDN0225126601
ContributorTanzimah, TanzimahNIDN0221107504
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 12 Nov 2024 02:35
Last Modified: 12 Nov 2024 02:35
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item View Item