Anita, Rahayu (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MATERI MORFOLOGI TUMBUHAN KELAS IV DI MIFTAHUL JANNAH. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (222kB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (116kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (146kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui adakah pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa muatan IPA tentang morfologi tumbuhan kelas IV di Miftahul Jannah Banyuasin. Metode yang digunakan adalah quasi experimental design bentuk desain yang digunakan non-equivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV.A dan IV.B dengan jumlah seluruh siswa 60 orang. Adapun teknik pengumpulan data data dilakukan dengan cara tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (independent t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, nilai thitung = 3,60 sedangkan nilai ttabel = 2045 dengan demikian thitung > ttabel (3,60 > 2045) yang bearti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu hasil belajar IPA materi morfologi tumbuhan siswa kelas IV. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh Model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPA materi morfologi tumbuhan siswa kelas IV M.I (Miftahul Jannah) Banyuasin..
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2024 06:25 | |||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2024 06:25 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1559 |
Actions (login required)
View Item |