Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 19 KELAPA

Siska, Lestari (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 19 KELAPA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (214kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (115kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV mata pelajaran IPAS di SDN 19 Kelapa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dalam bentuk Pre-Experimental Designs dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data didapatkan oleh rubrik aktivitas, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil perhitungan data analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil posttest sebesar 81 (baik) dengan kategori “Sangat Efektif. Berdasarkan hasil analisis uji normalitas menggunakan uji Shapiro-wilk dengan hasil perhitungan uji normalitas pretest dapat diperoleh bahwa nilai pretest sebesar 0,087 > 0,05 dan nilai posttest sebesar 0,148 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji Paired-sampel-t-test dengan hasil hipotesis yang terdapat pada Sig (2 tailed) bahwa antara pretest dan posttest memiliki nilai 0,00 <0,05. Hal ini menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa terdapat efetivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV mata pelajaran IPAS di SDN 19 Kelapa. Penelitian ini perlu dikembangkan oleh peneliti selanjutnya pada mata pelajaran yang selain IPAS seperti PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika agar ditemukan inovasi dan keterbaruan yang berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan sosial siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorYasir, ArafatNIDN0214067501
ContributorMujainah, MurjainahNIDN0218048502
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 09 Nov 2024 06:22
Last Modified: 09 Nov 2024 06:22
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item View Item