WIRDA, WIRDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTAND PROCEDURES (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI 05 TANJUNG BATU. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. Cover + lembar pengesahan.pdf Download (358kB) |
|
Text
a. ABSTRAK INDO.pdf Download (115kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text
k. Daftar Pustaka.pdf Download (151kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understand Procedures (CUPs) terhadap kemampuan berpikir kritis materi IPA siswa kelas IV SD Negeri 05 Tanjung Batu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan tipe desain Posttest Only Control Design dengan seluruh sampel berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan Teknik Sample Random Sampling yang dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel dengan cara undian atau acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa esay berjumlah 7 soal. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil analisis data kelas eksperimen memiliki rata – rata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang lebih rendah yaitu nilai rata – rata kelas eksperimen 80,78 sedangkan kelas kontrol 70,45 dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.003 dan t tabel 0,05 maka nilai sig. (2-tailed) ≤ t tabel atau 0,003 ≤ 0,05. Artinya ada pengaruh model pembelajaran conceptual understand procedures (CUPs) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 05 Tanjung Batu.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 01 Nov 2024 03:14 | |||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2024 03:14 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1444 |
Actions (login required)
View Item |