Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 19 KELAPA

Terapela, Terapela (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 19 KELAPA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
IMG-20241004-WA0000.pdf

Download (120kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO TERAPELA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB 1 TERAPELA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAPUS TERAPELA.pdf

Download (369kB)

Abstract

Kurikulum merdeka di implementasikan di Indonesia guna untuk menyempurnakan pembelajaran interakulikuler dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memilik cukup banyak waktu mendalami konsep dan menguatkan kompotensi, Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui peningkatan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 19 Kelapa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan sampling jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dalam bentuk Pre-Eksprimental Desain dengan jenis One-Grup Pretest-Posttest Desain. Pengumpulan data didapatkan melalui Tes, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistik deskriftif, persentase standar deviasi, dan N-Gain. Hasil perhitungan data analisis data diperoleh nilai posttes sebesar 80 (baik) dengan kategori “meningkat”. Berdasarkan hasil analisis N-Gain dengan hasil perhitungan Pretest dapat dapat diperoleh bahwa nilai pretest 1,00 dan nilai posttest sebesar 0,67, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kritis dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari hasil dan pembahasan, penelitian disimpulkan pengembangan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 19 kelapa meningkat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNyiayu Fahriza, FuadiahNIDN0010097501
ContributorBudi, UtomoNIDN0216048904
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:10
Last Modified: 01 Nov 2024 03:10
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1436

Actions (login required)

View Item View Item