Ramadita, Prayogi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Game For Understanding Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Tangan Di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
C. COVER + PENGESAHAN.pdf Download (406kB) |
|
Text
A. ABSTRAK INDONESIA.docx Download (14kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran TGFU terhadap hasil belajar passing bola tangan kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain eksperimen the static group comparison design. Pupulasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi terdiri dari kelas VIII.A dan VIII.B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teori total smapling yaitu kelas VIII.A berjumlah 18 orang dan kelas VIII.B berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan data yaitu degan melakukan assessment penilaian hasil belajar bola tangan baik kognitif, afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran TGfU dengan hasil t-hitung hasil belajar passing bola tangan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi yaitu sebesar 0,00000000000000169. Dimana hasil tersebut lebih kecil dari t tabel sebesar 0,05. Metode Pembelajaran TGfU memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran kovensional, dimana rata-rata hasil metode TGfU yaitu 87,63093944 sedangkan metode konvensional yaitu 70,52936722. Sehingga terdapat selisih yaitu 17,10. Hasil belajar passing bola tangan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi menggunakan metode pembelajaran TGfU yaitu persentase nilai Cukup sebanyak 16,67%, nilai Baik sebanyak 44,44% dan nilai Amat Baik 38,89%. Hasil ini mengalami peningkatan dimana sebelumnya hasil belajar passing bola tangan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment metode pembeljaran TGfU yaitu persentase nilai kurang sebanyak 10 orang atau 55,56%, nilai cukup sebanyak 5 orang atau 27,28% dan nilai baik 3 orang atau 16,67%. Kata Kunci : Pembelajaran TGfU, Passing, Bola Tangan
Item Type: | Thesis (tesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Jasmani | |||||||||
Depositing User: | Selvi Puspitasari | |||||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:09 | |||||||||
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:09 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1417 |
Actions (login required)
View Item |