Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Game For Understanding Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Tangan Di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi

Ramadita, Prayogi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Game For Understanding Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Tangan Di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
C. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (406kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (14kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran TGFU terhadap hasil belajar passing bola tangan kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain eksperimen the static group comparison design. Pupulasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi terdiri dari kelas VIII.A dan VIII.B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teori total smapling yaitu kelas VIII.A berjumlah 18 orang dan kelas VIII.B berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan data yaitu degan melakukan assessment penilaian hasil belajar bola tangan baik kognitif, afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran TGfU dengan hasil t-hitung hasil belajar passing bola tangan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi yaitu sebesar 0,00000000000000169. Dimana hasil tersebut lebih kecil dari t tabel sebesar 0,05. Metode Pembelajaran TGfU memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran kovensional, dimana rata-rata hasil metode TGfU yaitu 87,63093944 sedangkan metode konvensional yaitu 70,52936722. Sehingga terdapat selisih yaitu 17,10. Hasil belajar passing bola tangan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi menggunakan metode pembelajaran TGfU yaitu persentase nilai Cukup sebanyak 16,67%, nilai Baik sebanyak 44,44% dan nilai Amat Baik 38,89%. Hasil ini mengalami peningkatan dimana sebelumnya hasil belajar passing bola tangan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment metode pembeljaran TGfU yaitu persentase nilai kurang sebanyak 10 orang atau 55,56%, nilai cukup sebanyak 5 orang atau 27,28% dan nilai baik 3 orang atau 16,67%. Kata Kunci : Pembelajaran TGfU, Passing, Bola Tangan

Item Type: Thesis (tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorWardiah, DessyUNSPECIFIED
ContributorManullang, Jujur GunawanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Jasmani
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:09
Last Modified: 31 Oct 2024 07:09
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1417

Actions (login required)

View Item View Item