Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS V SD MUHAMMADYAH PRABUMULIH

Putri, Oktaria (2023) ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS V SD MUHAMMADYAH PRABUMULIH. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (126kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (86kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (60kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya percaya diri seperti untuk tampil kedepan, masih ada peserta didik yang tidak menghargai pendapat teman, belum mampu menyesuaikan diri dengan teman sekelasnya, malu untuk bertanya seputar materi yang tidak di ketahuinya, menertawai teman jika tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan. Tujuan penelitian ini untuk mendesripsikan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD Muhammadiyah Prabumulih. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Prabumulih dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara presentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada indikator keterampilan sosial siswa secara keseluruhan yang ada di kelas V dikategorikan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil presentase observasi siswa 64,3% indikator hubungan dengan teman sebaya. Selanjutnya 85,7% indikator manajemen diri. Selanjutnya indikator kemampuan akademik 50%. Berikutnya indikator kepatuhan 78,6%. Selanjutnya indikator perilaku assertif 64,3%. Berdasarkan hasil analisis, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial siswa kelas V dengan presentase 79,5% termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMurjainah, MurjainahNIDN0223068602
ContributorAchmad, HeryantoNIDN0219038601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Oct 2024 04:06
Last Modified: 30 Oct 2024 04:06
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1402

Actions (login required)

View Item View Item