NUR INDAH, UTAMI (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESSMEN BERBASIS LITERASI NUMERASI PADA MATERI SUDUT UNTUK KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
cover+pengesahan Nur Indah Utami.pdf Download (139kB) |
|
Text
Abstrak - Indonesia.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB I Nur Indah Utami.pdf Download (141kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Nur Indah Utami.pdf Download (228kB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menghasilkan instrument assessment berbasis literasi numerasi pada materi sudut kelas IV SD yang telah teruji kevalidan serta reabilitasnya, dan telah melalui analisis instrument yang sistematis yaitu dengan menggunakan uji validates isi menggunakan rumus Lawse untuk menghitung Conten Validity Ratio (CVR), uji validitas empiris menggunakan Korelasi product moment dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plom, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi berupa angket dan tes literasi numerasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil dari validasi angket para ahli perhitungan CVR yang diakukan menyatakan bahwasanya semua instrument yang dibuat bernilai 1 yang berarti valid; 2) instrument asesmen berbasis literasi numerasi yang dikembangkan merupakan intrumen yang reliabel dengan nilai reliabel sebesar 0,5689 ≥ 0,413 (r_hitung ≥r_tabel); 3) dari hasil tes siswa dinyatakan 6 instrumen yang valid yaitu istrumen pada nomer 2, 3, 5, 6,7 dan 9. Sehingga instrument yang dikembangkan menghasilkan instrument yang layak digunakan untuk mengukur kemampuan siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2024 04:03 | |||||||||
Last Modified: | 30 Oct 2024 04:03 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1398 |
Actions (login required)
View Item |