Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

DESAIN DIDAKTIS PADA PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR UNTUK SMA KELAS XI

Hasanah, Zakiyatul (2023) DESAIN DIDAKTIS PADA PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR UNTUK SMA KELAS XI. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (276kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.docx

Download (15kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (919kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Didactical Design Research (DDR) yang bertujuan untuk merancang desain didaktis pada materi program linear. Desain didaktis dirancang dengan memperhatikan Learning Obstacle dan Learning Trajectory pada siswa. Penelitian ini memiliki tiga tahapan yang meliputi tahap analisis prosfektif, tahap analisis metapedadidaktik dan tahap analisis retrosfektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami hambatan belajar pada materi program linear yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam membuat model matematika dari sistem pertidaksamaan linear dua variabel; peserta didik mengalami kesulitan menentukan titik pojok atau himpunan penyelesaian yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linear dua variabel; peserta didik mengalami kesulitan dalam menggambar grafik daerah himpunan penyelesaian; peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan nilai optimum fungsi tujuan yang berkaitan dengan program linear. Hypothetical Learning Trajectory (HLT) pada penelitian ini disusun berdasarkan Learning Obstacle yang dialami oleh siswa. Desain didaktis yang diimplementasikan dilapangan sehingga diperoleh hasil penurunan LO pada tes identifikasi akhir meliputi: 1) dalam mengubah kalimat verbal menjadi model matematika dari suatu permasalahan pertidaksamaan linear dua variabel dari 82,3% menjadi 13,3%, 2) dalam menentukan himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel dari 88,2% menjadi 6,6%, 3) dalam menggambar grafik daerah himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dari 94,1% menjadi 20,0%, 4) dalam menentukan nilai optimum fungsi tujuan dari 29,4% menjadi 6,6%. Kata Kunci: Nilai Optimum, Didactical Design Research, Analisis Metapedadidaktik

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
CollaboratorDESTINIAR, DESTINIARUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFAHRIZA FUADIAH, NYIAYUUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Hidayat
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:47
Last Modified: 04 Jul 2024 03:47
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item