Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

LEARNING OBSTACLE PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DESIMAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWA AGUNG

JUWANTO, JUWANTO (2024) LEARNING OBSTACLE PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DESIMAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWA AGUNG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (134kB)
[img] Text
1. Abstrak (Indonesia).pdf

Download (82kB)
[img] Text
6. Bab I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hambatan belajar siswa kelas IV SD Negeri Purwa Agung pada materi perkalian bilangan desimal, yang meliputi ontogenic obstacle, epistemological obstacle, dan didactical obstacle. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Didactical Design Research (DDR) untuk mengidentifikasi hambatan tersebut. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Purwa Agung. Hambatan belajar diidentifikasi melalui analisis tes diagnostik, RPP, bahan ajar, serta wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan tiga jenis hambatan: ontogenic obstacle, di mana siswa kurang terlibat dan menganggap matematika sulit; epistemological obstacle, yang mencakup kesalahan dalam menulis bilangan desimal, menentukan hasil perkalian, strategi, titik desimal, serta menyelesaikan soal cerita; dan didactical obstacle, berupa pemilihan media ajar dan sumber belajar yang kurang tepat. Kesimpulannya, hambatan belajar siswa dipengaruhi oleh ketiga faktor yaitu ontogenic obstacle, epistemological obstacle, dan didactical obstacle.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNyiayu Fahriza, FuadiahNIDN0010097501
ContributorEka Fitri Puspa, SariNIDN0212058601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:53
Last Modified: 30 Oct 2024 03:53
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item