EKA PUTRI, DARMAYANA (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN DESIMAL DI SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (229kB) |
|
Text
1. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (102kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (89kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
Abstract
Pemahaman konsep matematika didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan operasi mental dalam bentuk tindakan, proses, objek, dan skema ketika mengkonstruksi konsep, serta kemampuan untuk mengingat dan menarik kesimpulan dari aturan tertentu ke dalam hubungan matematis yang dalam hal ini pada materi operasi hitung bilangan desimal, yang meliputi penjumlahan dan pengurangan nilai desimal. Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan desimal di SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan desimal di SD melalui model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes tertulis (pretest dan posttest), angket respon siswa, observasi aktivitas siswa dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A SD Negeri 12 Tanjung Batu yang berjumlah sebanyak 18 orang siswa. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif, teknik analisis ketuntasan hasil belajar, teknik analisis data angket respon siswa, teknik analisis data observasi aktivitas belajar siswa, dan teknik analisis gain ternormalisasi (N-Gain). Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu penerapan model problem based learning dinyatakan berhasil dan terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan desimal di SD. Hal ini dilihat dari hasil N-gain yang didapat yaitu 0,5615 dengan kriteria peningkatannya sedang. Keefektifan penerapan model problem based learning juga dapat dikatakan efektif dilihat dari hasil analisis ketuntasan belajar siswa, angket respon siswa dan observasi keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:53 | |||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:53 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1356 |
Actions (login required)
View Item |