Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN DESIMAL DI SD

EKA PUTRI, DARMAYANA (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN DESIMAL DI SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
1. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (102kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan operasi mental dalam bentuk tindakan, proses, objek, dan skema ketika mengkonstruksi konsep, serta kemampuan untuk mengingat dan menarik kesimpulan dari aturan tertentu ke dalam hubungan matematis yang dalam hal ini pada materi operasi hitung bilangan desimal, yang meliputi penjumlahan dan pengurangan nilai desimal. Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan desimal di SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan desimal di SD melalui model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes tertulis (pretest dan posttest), angket respon siswa, observasi aktivitas siswa dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A SD Negeri 12 Tanjung Batu yang berjumlah sebanyak 18 orang siswa. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif, teknik analisis ketuntasan hasil belajar, teknik analisis data angket respon siswa, teknik analisis data observasi aktivitas belajar siswa, dan teknik analisis gain ternormalisasi (N-Gain). Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu penerapan model problem based learning dinyatakan berhasil dan terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan desimal di SD. Hal ini dilihat dari hasil N-gain yang didapat yaitu 0,5615 dengan kriteria peningkatannya sedang. Keefektifan penerapan model problem based learning juga dapat dikatakan efektif dilihat dari hasil analisis ketuntasan belajar siswa, angket respon siswa dan observasi keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNyiayu Fahriza, FuadiahNIDN001009701
ContributorYunika Lestari, NingsihNIDN0011068201
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:53
Last Modified: 29 Oct 2024 07:53
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1356

Actions (login required)

View Item View Item