Dina, Kristin (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIMES GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI KELAS II SDN 008 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
COVER DAN PENGESAHAN DINA.pdf Download (347kB) |
|
Text
ABSTRAK INDO DINA.pdf Download (333kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DINA.pdf Download (297kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar PPKn siswa setelah guru menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 008 Palembang pada siswa kelas II yang berjumlah 34 siswa pada semester genap. Metode Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif yang jenis Metode Eksperimen. Desain yang digunakan dalam Quasi Eksperimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes (pre-test, posttest) dan dokumentasi . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menentukan nilai rata-rata tes akhir (post-test) yang didapat dari hasil belajar ppkn menggunakan model kooperatif tipe TGT adalah 74,47 dan untuk nilai yang tidak menggunakan model kooperatif tipe TGT adalah 46,12. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T-test dan pengujian hipotesis. Dari penguji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (4,082 > 1,694), dengan taraf signifikan 0,05, maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas II di SD Negeri 008 Palembang.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 05:04 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 05:04 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/134 |
Actions (login required)
View Item |