Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 225 PALEMBANG

RANI, DAMAIYANTI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 225 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (134kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (98kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 225 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumoulan data menggunakan metofe wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek guru kelas IV dan Siswa kelas IV. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Peran guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif yang berpusat pada siswa sehingga siswa dapat berpikir kreatif. 2) Siswa yang telah di uji coba dengan mengerjakan soal-soal pelajaran IPS yang bermaterikan kegiatan ekonomi yang bersangkutan dengan indikator berpikir kreatif yaitu berpikir lancar (fluency), berpikir luwes (flexxibility), berpikir orisinal (originallity. Dapat disimpulkan bahwa rendahnya kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran IPS kelas IV ditinjau dari beberapa indikator berpikir kreatif serta sistem belajar yang masih menggunakan sistem teacher center atau pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa cenderung ragu dan takut untuk mengemukakan pendapat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorM. Taheri, AkbarNIDN0211118802
ContributorMega, PrasrihamniNIDN0226039101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:08
Last Modified: 22 Oct 2024 03:08
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item View Item