R.A. Indah Tri, Wahyuni (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 14 LAHAT. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
F.BAB I.pdf Download (260kB) |
|
Text
D.COVER HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (231kB) |
|
Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (76kB) |
|
Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Lahat. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini sensus sampling total diambil dari semua anggota populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 14 Lahat dengan jumlah 66 peserta didik dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 66 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedasitias, uji linear sederhana, dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji determinasi. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh nilai t hitung > t tabel maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima t hitung t tabel ( 13.072 . 1,669), dan nilai signifikan , 0,05 (0,000 < 0,05. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:07 | |||||||||
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:07 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1285 |
Actions (login required)
View Item |