Nefi, Afila (2023) PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 CENGAL. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (202kB) |
|
Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (123kB) |
|
Text
f. BAB 1.pdf Download (191kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengaruh model brain based learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD negeri 2 Cengal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimental Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu model brain based learning (X) dan variabel dependen yaitu hasil belajar IPA (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V.A dan V.B yang berjumlah 61 siswa dan jumlah sampel sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen untuk mengukur hasil belajar IPA menggunakan pretest dan posttest yang berbentuk soal pilihan ganda. Kelompok kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 72.5, dan posttest sebesar 82.33 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 73.22 dan posttest sebesar 72.74. Hasil uji t dengan Sig 0.000 < 0.05 dan hasil t hitung 3.784 > t tabel 2.001, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model brain based learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD negeri 2 Cengal.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:04 | |||||||||
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:04 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1278 |
Actions (login required)
View Item |