Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA KADO (KARTU DOMINO) DENGAN BARCODE MATERI SEJARAH KEMERDEKAAN DIKELAS VI SD

ILHAM, JUNIARDI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KADO (KARTU DOMINO) DENGAN BARCODE MATERI SEJARAH KEMERDEKAAN DIKELAS VI SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar pengesahan.pdf

Download (266kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (109kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media KADO (kartu domino) dengan barcode pada pembelajaran IPS materi sejarah kemerdekaan dikelas VI SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu : Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 3 Rambutan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media KADO (kartu domino) dengan barcode materi sejarah kemerdekaan dikelas VI SD masuk dalam kategori sangat valid yaitu 86,9% dari gabungan hasil ketiga validator. Selanjutnya pada tahap uji coba one to one yang dilakukan oleh 3 siswa mencapai 92,6%, uji coba kelompok kecil yang melibatkan 8 siswa mencapai 93,7% serta hasil uji coba kelompok besar yang melibatkan 20 siswa mencapai 94,9%. Dapat dikatakan ketiga tahapan tersebut sangat praktis, maka dapat disimpulkan media KADO (kartu domino) dengan barcode materi sejarah kemerdekaan layak digunakan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMaharani, OktaviaNIDN0208108401
ContributorPuji, AyurachmawatiNIDN0211118806
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 17 Oct 2024 03:40
Last Modified: 17 Oct 2024 03:40
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item