DINDA PUTRI, THAHARA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 7 BANYUASIN 1 PADA TEMA KELUARGAKU. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (295kB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (112kB) |
|
Text
5. BAB 1.pdf Download (191kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menjelaskan kevalidan pengembangan media busy book pada tema keluargaku di kelas I SD Negeri 7 Banyuasin 1. 2) Untuk menjelaskan kepraktisan media busy book dalam proses pembelajaran tema keluargaku. 3) Untuk menjelaskan keefektifan pengembangan media busy book pada materi tema keluargaku di kelas I SD Negeri 7 Banyuasin 1. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian R&D yang didefinisikan sebagai jenis pengembangan yang terfokus pada tujuan mengembangkan dan memperluas suatu produk yang ada, pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrument pengumpulan data berupa angket yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru kelas 1 di SD Negeri 7 Banyuasin 1 untuk menguji kualitas Busy Book dilakukan angket responden peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap Busy Book. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa Busy Book sebagai media pembelajaran berdasarkan kevalidan menurut ahli media 1 rata-rata sebesar 4,3 persentase 85,4% dengan kriteria sangat valid, menurut ahli media 2 rata-rata sebesar 4,7 persentase 93,4% dengan kriteria sangat valid, ahli materi 1 rata-rata sebesar 4,7 persentase 93,4% dengan kriteria sangat valid. Pada penilaian ahli materi 2 rata-rata sebesar 5 persentase 100% dengan kriteria sangat valid, guru kelas media rata-rata sebesar 4,5 persentase 88,7% dengan kriteria sangat valid, guru kelas materi rata-rata sebesar 4,7 persentase 93,4% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan kepraktisan menurut angket respon siswa mendapatkan rata-rata 4,5 persentase 89,3% kriteria sangat praktis. Berdasarkan keefektivan menurut angket respon siswa mendapatkan rata-rata 9,7 persentase 90,7% katagori sangat efektif.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2024 06:05 | |||||||||
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:05 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1234 |
Actions (login required)
View Item |